Selasa, 25 Oktober 2016

Gunung di Jawa Timur

Hai guys, kalian tahu kan dengan Jawa Timur. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang letaknya berada di bagian paling ujung Pulau Jawa. Nah kali ini saya akan mempersembahkan gunung-gunung yang paling bagus untuk di kunjungi di Jawa Timur.

1. Kawah Ijen



              Kawah Ijen merupakan Gunung yang masih aktif yang berada di daerah bagian timur bondowoso yang berbatasan dengan daerah banyuwangi. Kawah ijen memiliki ketinggian 2.433 m (8.015 ft) dengan kawah yang memiliki keasaman tertinggi dan terbesar di Dunia. Banyak wisatawan dari manca negara maupun manca luar negeri untuk mengunjungi gunung tersebut, karena tempatnya yang bagus dan mudah untuk di lalui rutenya. Untuk menuju Kawah Ijen bisa melalui dua rute yaitu lewat bondowoso dan banyuwangi. Agar lebih mudah lewat Bondowoso saja karena anda biasa membawa makanan khas tape manisnnya untuk di bawa pulang kerumah. Kawah Ijen memiliki fenomena blue fire (api biru) yang muncul setiap hari sekitar pukul 02.00-04.00 WIB, fenomena ini alami dan hanya satu-satunya yang berada di Indonesia.

2. Gunung Bromo



              Gunung Bromo merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan,Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Banyak wisatawan dari manca negara maupun dari manca luar negeri yang datang untuk mengunjungi tempat tersebut, karena tempatnya yang sangat bagus dan memiliki padang pasir yang jarang dimiliki gunung-gunung lainnya.

3. Gunung Semeru


              Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Banyak pendaki yang ingin ke puncak mahameru karena puncaknya berada di atas awan sehingga menarik banyak wisatawan yang datang. Jika ingin mendaki kita harus mendaftarkan diri dulu karena pendakian hanya di buka di waktu tertentu.


4. Gunung Raung


                
Gunung Raung adalah gunung berapi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Raung memiliki ketinggian 3.344 m dpl. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilaya Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Secara geografis, lokasi gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Dihitung dari titik tertinggi, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Kaldera Gunung Raung juga merupakan kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar